Sabtu, 16 April 2011

TIK SMA kelas X, BAB 1 (Mengenal Internet)


1.Pengertian Internet

Ada dua macam penulisan dan pengertian Internet. Internet (dengan huruf “I” besar) adalah jaringan computer global(bersifat mendunia) yang berisiskan informasi serta sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video,dan teks.Adapun internet (dengan huruf “i” kecil) adalah hubungan antara dua jaringan computer atau lebih untuk keperluan  komunikasi dan informasi.


2. Sejarah Internet

Cikal bakal Internet adalah ARPANET, sebuah jaringan eksperimen berbasis komunikasi data milik pemerintah Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1969. Pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Pada saat itulah National Science Foundation Network (INSFNET) dibangun dan berbagai jaringan internasional dari berbagai negara, seperti Australia, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada serta Jepang segera bergabung atau dihubungkan ke INSFNET.
Berbeda dengan AS, Internet di Indonesia lebih banyak tumbuh dari kegiatan masyarakat yang memiliki perhatian pada dunia komputer  dan bergerak dibidang pendidikan.


3. Manfaat Internet

a.          Aktivitas-aktivitas bisnis dan administrasi pemerintahan menggunakan sitem informasi dan komunikasi dalam Internet karena terbukti mampu menghemat biaya distribusi dan biaya alat-alat tulis.
b.          Sebagai media komunikasi promosi dalam dunia bisnis. Misalnya, pengenalan dan pemesanan produk-produk elektronika, image company dan sebagainya.


4. Fasilitas Layanan Dalam Internet

Layanan World Wide Web

WWW Hypermedia (gabungan grafik,video,dan radio yang kompleks dan saling berhubungan) adalah sebuah proyeksi hypermedia yang dikembangkan dengan mengaitakn berbagai informasi global melalui hypertext.

a)      Layanan World Wide Web
World Wide Web (WWW) hypermedia (gabungan video, grafik, dan audio yang kompleks dan saling berhubungan) adalah sebuah proyek hypermedia yang dikembangkan dengan mengaitkan berbagai informasi global melalui hypertext ( teks dalam layar computer yang akan menghubungkan penggunanya ke teks lain sesuai informasi yang di minta ) dan memiliki kemampuan mengaitkan dengan situs FTP serta jenis server lainnya. Dengan perkembangan program program browser yang semkin canggih, hypertext dituliskan dalam format Hypertext Markup Languange (HTML). Perkembangan itu memungkinkan World Wide Web untuk menggunakan fasilitas lain seperti e-mail maupun Newsgroup, sehingga World Wide Web menjadi lebih diminati dibandingkn dengan pogram yang lain. Penggunaan World Wide Web sangat mudah untuk di jalankan dengan berbagai browser, seperti Internet Explorer, Netscape, Navigator, Mozilla firefox, dan sebagainya.

b)     Layanan Elektronik Mail
Eloktronik Mail (E-mail) adalah layanan berupa pesan teks yang diketikkan lewat keyboard yang kemudian di kirim kepemakai lain. Sama halnya dengan surat biasa,   e-mail membutuhkan alamat yang jelas agar sampai di tempat tujuan. E-mail memberikan keleluasaan kepda pemakai untuk tidak hanya mengirimkan pesan teks/ tertulis saja, namun dapat menyertakan file gambar sert program lainnya. Program-program yang digunakan untuk e-mail antara lain sebagai berikut:

1)      Netscape Messenger
Netscape messenger adalah program e-mail yang di keluarkan oleh netscape yang berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan. Fungsi lain dari pogram ini adalah kemampuannya dalam pengiriman file gambar maupun teks dengan kapasitas besar.

2)      Eudoramail
Eudora adalah salah satu program e-mail yang dapat diogunakan dalam system operasi Windows serta Mancitosh. Fasilits program inilebih mudah dan efisien digunakan berkirm surat dan menerima surat.

3)      Microsoft Outlook
Microsoft Outlook adalah perangkat lunak yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft Office yang dapat digunakan untuk membuat dan mengirimkan pesan.

    Gambar 1.1 Ikon Microsoft Outlook

4)      Layanan Chating
Chating adalah pembicaraan dalam suatu kelompok tertentu dengan seseorang yang telah tercatat dalm server IRC yang tersedia dan pada saat itu juga sedang menjalankan program mIRC (On Line), dan biasanya disimbolkan dalam suatu komik tergantung pada program aplikasinya. Contoh dari fasilitas layanan chating dalm internet,
Antara lain:
Ø  Microsoft Chat
Ø  mIRC                     
Ø  Yahoo Messenger, dan                                                                                                       
Ø  ICQ                                                                                                                                       


                                                         



Gambar 1.2 Berbagai macam ikon mIRC     Gambar 1.3 Ikon Yahoo Messenger



5)      Layanan File Transfer Protocol
FTP(File Transfer Protocol) adlah layanan yang berisi banyaknya perangkat lunak gratis yang tersimpan dalam data base maupun folder penyimpanan. Program tersebuit ada yang free dan ad yang harus membyar terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya, program FTP dapat didownload dengan mudah oleh penggunanya. Salah satu contoh dari FTP adalah WS-FTP95LE.

6)   Layanan Net Meeting
Net Meeting adalah  salah satu layanan konferensi  yang menghubungkan antara pemkai satu dengan pemakai yang lain dengan cara mengetikkan kata-kata dalam bentuk teks,menggunakan suara seperti pada saat kita menelepon

7)      Layanan Newsgroup
Newsgroup adalah kelompok diskusi dalam internet.Pesan yang disampaikan berupa artikel-artikel.

8)      Layanan E-Commerce
E-Commerce yang sangat banyak digunakan dalam internetadlah perdagangan bisnis lewat Internet.Contoh dari situs e-commerce,antara lain www.jatimall.com,www.officemax.com,dan sebagainya.

B.Perangkat Komputer untuk Akses Internet

Perangakat keras Internet adalah perlatan minimal yang harus disediakan agar dapat menghubungkan jaringan Internet denhan jaringan computer.Untuk melalui akses Internet minimal kita membutuhkan sejumlah peralatan,antara lain seperangkat computer,modem online yang berupa modem internal ataupun modem eksternal,dan line telepon.Namun,perangka keras juga harus didukung oleh program computer(perangkat lunak)untuk menjalankannya.

1.Hardware untuk Akses Internet

Hardware adlah perangkat keras dari computer,seperti piranti elektronik,magnetic maupun mekanik.Perangkat keras minimal untuk dapat mengakses Internet adalah seperangkat computer beserta kelengkapan pendukungnya,yaitu sebgai berikut:

a)          Display (Monitor)
Display merupakan perangkat ouput yang berfungsi untuk menampilkan data hasil kerja prosesor.
Gambar 1.  Komputer dengan layer datar (flat)

b)        Keyboard dan Mouse
    Keyboard dan mouse merupakan perangkat input untuk memasukkan  data atau perintah kepada system komputer.

                   (a)                                                                   (b)
Gambar 1.   (a) Keyboard dan (b) Mouse

c)      Modem Online
            Modem adalah perangkat keras yang digunakan sebagai penghubung antara hardware computer dengan jaringan telepon.Fungsi dari modem yaitu  mengubah informasi digital menjadi analog.Jenis modem yang kini kerap digunkan yaitu modem kabel dan modem ADSL.

d)     Jaringan Telepon(Line Telephone)
Jaringan telepon adalah jaringan yang digunakn untuk komunikasi telepon.Contoh dari line telepon antara lain telepon rumah atau perusahaan yang menggunakan pulsa dari perusahaan Telkom Indonesia.
Gambar 1. Telepon

e)                   Central Processing Unit
Bagian dari CPU standar untuk akses Internet terdiri atas perangkat sebagi berikut:.
            1.Processor minimal Pentium 100.
            2.RAM minimal 64 MB.
            3.CD room.
            4.Hardisk minimal 6.4 Giga.
Gambar 1.  Central Proceesing Unit(CPU)

      f)   Printer
Printer merupakan pheripheral output(alat keluaran) yang digunakn untuk menghasilkan hardcopy dari file atau dokumen  yang telah kita buat menggunakan komputer.Macam-macam printer antara lain dot matrix,inkjet,atau laser yang tersedia dalam tinta black(hitam)atau colour(warna).
            Gambar 1.  Printer inkjet color/black


2. Hardware Tambahan untuk Mendukung Akses Internet

Berikut ini beberapa komponen hardware tambahan  pada jaringan Local Area Network(LAN).

Server

Komputer server adalah computer yang biasanya dikhususkan untuk penyimpanan data atau sebagai basis data.Pada model programming client,server adalah program-program yangmenunggu dan memenuhi permintaan  dari client program yang sama atau berbeda.Jenis server yang banyak digunakan adalah Disk server,file server,Printer server dan Terminal server.
1)      Disk Server
Disk server digunakn untuk menyediakan  fasilitas pengaksesan kehardisk.Server ini bersifat transparan  terhadap user sehingga setiap pengguna merasa seperi sedang mengakses hardisk-nya masing-masing.
2)      File server
File Server selain menyediakan  pelayana  yang mirip dengan disk server tetapi juga mengelola disk local setiap computer.File server bekerja berdasar software disk held yang mengelola file-file yang disimpan dan memungkikan beberapa atau seluruh data yang tersimpan dapat dimanfaatkan oleh sejumlah user yang berbeda.
3)      Terminal Server
Terminal Server bertindak seperti sebuah multiplexer  yang memungkinkan  sejumlah computer kecil atau terminal-terminal yang lain mengakses ke sebuah titik LAN yang sama.Terminal server dapat  digunakan untuk menyediakan akses dari computer pusat kesejumlah terminal dengan menggunakan biaya yang rendah.
     
Workstation

Workstation adalah computer yang ditujukan  sebagai client serta sebagai tempat kerja atau pengelolahan data yang diakses dari server.Untuk sekarang sebagian besar workstation menggunakan computer pribadi,sehingga dapat difungsikan sebagai computer stand phone.

Hub

Hub merupakan pembagi sinyal data bagi Network Interface Card(NIC) dan sekalaigus berfungsi sebagai penguat sinyal.
     





                                                                                              Gambar 1.  Hub Switch

Kabel Konektor

Kabel konektor merupakan  media penghubung antara computer dengan computer lainnya atau dengan peralatan jaringan  lainnya yang digunakan untuk membentuk sebuah jaringan.


Repeater

Fungsi utama dari repeator adalah  untuk memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima suatu segmen  kabel LAN ke segmen LAN berikutnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen pertama. Dengan adanya repeater,jarak antara dua jaringan computer dapat lebih diperluas.

Bridge

Bridge digunakan untuk  menghubungkan dua buah LAN dan memungkinkan  paket data dari satu LAN ke LAN yang lain.sebuah bridge menyediakan  sambungan antara dua tipe  LAN yang sama,misalnya Ethernet LAN dan tokenpassing.Bridge dapat memperluas jaringan LAN,sehingga semua segmen yang saling berhubungan satu sama lainnya menjadi dari bagian LAN yang lebih besar.

Router

Router memiliki kemampuan melekatkan  paket IP dari satu jaringan  ke jaringan lain yang mungkin banyak memiliki jalur diantara keduanya.Router juga dapat digunakan  untuk menghubungkan sejumlah LAN sehingga trafik yang dibangkitkan  oleh suatu LAN  terisolasikan dengan baik dari trafik yang dibangkitkan oleh LAN lain.Router terdiri atas dua jenis yaitu:

1).Router Dedicater,yang merupakan sebuah device khusus yang dibuat oleh pabrik,misalnya Cisco (http://www.cisco.com)
2)Router PC. PC dapat difungsikan  sebagi router selam memiliki  lebih dari satu interface jaringan ,mampu memforward paket IP,serta menjalankan program untuk mengatur routing paket.


3.Software untuk Akses Internet

Software adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan perangkat keras (hardware )komputeter.Software yang diperlukan untuk  Internet adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung  terhubungnya perangkat keras computer dengan penyedia informasi..Contoh software yang diperlukan untuk akses Internet adalah sebagai berikut:

A.    Browser

Browser merupakan  program  client yang  digunakan untuk  melihat berbagai sumber daya atau informasi di dalam Internet.Beberapa contoh browser, antara lain Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan sebagainya.

      B.  Sistem Operasi
System operasi merupakn  program computer yang digunakan  untuk mengorganisir perangkat keras. Sistem operasi untuk Internet minimal Windows 95 atau bias juga  menggunakan system operasi yang lain, seperti Windows XP, Win Me, serta Linux.

TABEL 1.1 SOFTWARE

4.Pengkabelan

Salah satu tahap awal dalam membentuk jaringan LAN  adalah memasang kabel yang menghubungkan antar-NIC pada setiap computer.Masing-masing kabel memiliki karakteristik yang berbeda,sehingga aplikasi kabel untuk membentuk  jaringan LAN  menggunakn Ethernet disesuaikan  dengan topologi fisik standar protocol MAC IEEF 802.3.Seabagai contoh,kabel koaksial digunakan  untuk topologi fisik bus  sedangkan kabel UTP atau STP digunakan untuk topologi star.

a.      Kabel Koasial (Coaxial Cable)

Kabel koaksial  banyak dipergunakan pada masa awal jaringan  LAN  Ethernet dengan topologi BUS ataupun RING. Jenis kabel yang sering digunakan biasanya kabel koaksial Radio Government(RG), yaitu RG8, RG9 dan RG11 untuk Thick Ethernet,serta,serta RG58 untuk Thin Ethernet.

b.      Kabel UTP(Unshielded Twisted Pair)
Kabel UTP banyak digunakan untuk system telekomunikasi saat ini.Dalam setiap pasangan pilihan terdapat dua buah konduktor(biasanya tembaga0 dan tiap-tiap kondoktor diberi selongsong dengan warna berbeda.Keuntungan menggunakan kabel UTP adalah harganya relative murah,mudah dalam penggunaaanya,dan fleksibel.
 Electronic Industries Association)membuat standar kabel UTP berdasarkan kualitasnya,mulai dari kategori 1 sampai dengan kategori 5 dengan kateristik sebagai berikut:

Kabel UTP:
            Kategori 1
Ø  Digunakan untuk system telepon,laju bit sangat rendah sehingga hanya cocok untuk  komunikasi voice saja.

            Kategori 2
Ø  Cocok untuk komunikasi voice dan data dengan laju bit sampai dengan 4 Mbps.

Kategori 3
Ø  Digunakan untuk komunikasi data dengan laju bit sampai dengan 10 Mbps.

Kategori 4
Ø  Dapat digunakan untuk komunikasi data sampai dengan 16 Mbps.

Kategori 5
Ø  Dapat digunakan untuk komunikasi data sampai dengan 1000 Mbps.Kabel UTP kategori 5 saat ini sering digunakan dalam membentuk jaringan LAN Ethernet 100 BaseTX.
     
c.       Kabel Crossover dan straight.
Urutan pemasangan  kedua ujung kabel pada RJ45 male menentukan jenis kabel yang dihasilkan,yaitu kabel Crossover dan kabel straight.Kabel crossover diogunakan untuk menghubungkan perangkat yang sejenis,misalnya computer dengan computer atau hub dengan hub.Adapun kabel straight digunakan untuk menghubungkan perangkat yang tidak sejenis,yaitu hub dengan computer(NIC).


d.      Konektor RJ45
Konektor RJ45 dipasang dikedua ujung kabel UTP.Sesuai dengan jumlah kabel UTP kategori 5 dan6,konektor RJ45 memiliki 8 pin.Urutan nomor pin RJ45 male yang dpasang diujung kabel dapat dilihat pada gambar….Urutan ini akan disesuaikan dengan urutan pin RJ45 female yang ada di Ethernet Card maupun yang terpasang di hub.

      e.   Pin Signal RJ45 Female
Prinsip komuniksai adalahmenghubungkan sinyal TX pengirim dengan sinyal RX pada penerima dan sebaliknya.
Urutan pin signal RJ45 female yang terletak di Ethernet Card berkebalikan dengan urutan pin signal RJ45 female yang terletak pada hub.Sehingga untuk menghubungkan hub dengan hub atau Ethernet Card ke Ethernet Card menggunakan kabel cross.
                                                                                              
      f.   Standar ELA/TIA 568A DAN 568B
Standar EIA/TIA 568A DAN 568B digunakan utntuk menentukan urutan warna kabel UTP terhadap pemasangan konektor RJ45 maleStandar EIA/TIA 568A memiliki urutan warna berkebaliak dengan standar EIA/TIA 568B,khususnya untuk pin1,2,3, dan 6.

568A


568B

No Pin RJ45
White/Green
White/Orange
Pin1
Green
Orange
Pin2
White/Orange
White/Green
Pin3
Blue
Blue
Pin4
White/Blue
White/Blue
Pin5
Orange
Green
Pin6
White/Brown
White/Brown
Pin7
Brown
Brown
Pin8


g.  Pemasangan Konektor RJ45 Kabel UTP
Hal yang perlu selalu diinagt dalam memesang konektor RJ45 male pada kabel UTP adalah bahwa konektor hanya bias dipakai sekali saja.Artinya,apabila terjadi kesalahan setelah dilakukan crimping,maka konektor tersebut harus diganti  yang baru karena  tidak bias dibuka kembali.Untuk itu,sebelum melakukan crimping perlu diyakinkan bahwa urutan warna dan posisi masing-masing kabel benar-benar sudah memenuhi criteria yang diinginkan.



h.        Fiber Optik
Fiber optic berbeda dengan kabel koaksial dan UTP.Kabel koaksial  dan UTP menggunakan bahan logam untuk mengalirkan sinyal komunikasi,sedangkan fiber optic menggunakan bahan kaca atau plastic untuk komunikasi..
Prinsip yang digunakan oleh fiber optic adalah menggunakan sifat pemantulan sempurna dari sinar elektromagnetik, sehingga sinar tersebut berjalan zig-zag pada saluran kaca atau plastic yang berada dalam kabel optic.      Proses ini terjadi karena  seberkas sinar yang melewati medium lebih rapat menuju medium yang kurang rapat,setelah melewati batas sudut tertentu (sudut kritis) tidak lagi mengalami pembiasan,tetapi akan mengalami pemantulan sempurna.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar