Sabtu, 16 April 2011

contoh drama sosiologi

KELOMPOK DENGAN TEMA “PENYIMPANGAN SOSIAL”

“PUTIH YANG MENJADI HITAM”

Judul                  : Putih yang menjadi hitam
Tokoh dan Peran 
1.     Sugiatno sebagai anak  sholeh yang jadi tidak baik.
2.    Clara diperankan oleh wenny sebagai ketua dari perkumpulan genk nakal dan juga sbg pengedar narkoba
3.    Yolanda sebagai teman clara dan sifatnya sgt ksar.
4.    Elin sebagai teman sugi yang mempunyai hati yang lembut.
5.    yunial sbg teman sugi yang bersifat emosional.


Bel pulang sekolah SMA Sukamaju berbunyi. Dengan adanya suara bel itu pun, Semua siswa  berhamburan keluar, tak terkecuali sugi. Namun saat ia keluar beberapa meter dari gerbang sekolah, ia dicegat oleh 2 orang siswa cewek yang gayanya sangat preman.

Clara : Heh cupu !!! mow kmn lo ?!!(sinis)
Sugi:e…ma…mau pulang(gemetaran)
Yolanda: pulang? Enak baget lo !(sambil joglo kpla sugi)
Clara : klo lo mow plg, serahin semua duit lo ma gue!!!
Sugi: ta…tapi aku ga pnya uang..(ketakutan)
clara: Oh.... gax punya uang? Pintar banget lo ya ngelesnya… bukannya lo tu anaknya pejabat itu ya. Masa ga pnya duit. Bulsyit…
sugi: bukan. Q bukan anaknya. Aku Cuma jadi guru privat disana.
Clara: oh ya? Yolan, cek dia….!!!!
Yolanda: Oke(mengecek kantong baju & celana sugi). Gak ada ra…
Clara, sialan !!! jadi lo cma pembntu disana ?(marah)
Sugi: bukan pembantu tapi...
Clara: alah....sama aja. Yolan, habisin dia.
Yolanda: oke...!
Sugi: eh.... tunggu-tunggu! Aku mow diapain?(ketakutan)
Yolanda: pake tanya lagi. ... mnurut lo? (sinis)
Sugi: e....saya jgn diapa-apain dong. saya mau nglakuin apa aja kok asal saya gax diapa-apain.
Clara: apa aja? sriuz lo !!!
Sugi: i...i....ya(ragu)
Clara: oke. kita gak bkal ngapa-ngapain lo. Tapi, ada 1 syarat. Lo!!(sambil nunjuk sugi) ikut kita.
Sugi: kmn ?
Yolanda: pke tanya lgi. Ikut aja.

Sugi pun dibawa oleh clara and the genk ke sebuah tempat yang menjadi tempat nongkrong mereka.

Clara: nih!(menyerahkan obat naroba ke yolanda & sugi)
Yolanda: thanks ra...
Sugi: apaan nih?
Clara: ini?...hahaha lo gax tow ya ? ini permen mujarab bro….
Sugi: maksud kamu narkoba ya?
A&b saling berpandangan & langsung ketawa.
Yolanda: eh cupu….! Lo nuduh kita pake narkoba hah?!! Mow gue bunuh lo? Ini bkn narkoba tau....(marah)
Sugi: truz ini apaan?
Clara: mending lo coba dlu. Tenang aja, ini bkn narkoba kok. Jgn suka negatif thinking dlu donk. Oh ya…. utk hari ne, gue ksih gratis ini bwt lo. Tapi ingat! utk sterusnya, klo u mow mkn ini, u hrus byar dlu ke gue.
Sugi: aku ga mow mkn permen itu!
Yolanda: kamu cari mati ya. Dibilangin mkn ya mkn. Susah bgt sih. Lgian klo mkn prmn itu kan, lo ga bakal mati jg. Cpet mkn....
Sugi: ta...(ketakutan)
Clara:mengepal tangannya  seperti tanda ingin menghajar)
 Sugi pun akhirnya memakan permen aneh tsb. Dan kemudian ia langsung plg krmh. Namun saat sugi mow solat magrib, sesuatu pun terjadi.

Sugi: aduh knp nih  ? Kok rsanya gax enak bgt ya? Pingin mkn permen itu lagi. (menggigil) (menelepon clara)
Sugi: assa….
Clara: ada apa>
Sugi: kamu udah boongin saya ya. Itu narkoba kan?(gemetaran)
Clara: ehm... knp? Gax suka?
Sugi: kamu...!!!(marah) ya udah lah. Skrng aq btuh bgt brg itu. Aku minta lg donk...(gemetaran)
Clara: minta? Ga slah? Enak bgt. Beli dlu donk...
Sugi: oke…oke… brp? (gemetaran)
Clra: untuk lo, 1 brg, 1 juta aja deh…
Sugi: hah...1 juta? Ga slah 2?
Clra: ya...itu sih terserah lo. Klo u ga mow jg ga papa.
Sugi: ehh…. A…aku mow kok. Jd skrg kita ktemuan dmn? (gemetaran)
Clara: di tempt biasa aja. Ok
Sugi: oke

Untuk mendapatkan uang yang bnyk itu, sugi pun kebingungan stengah mati, namun karena ia benar2 ingin makan obat itu, maka ia pun menagambil uang kontrakan rumah ibunya sendiri yang ada didlm lemari.

Sugi : maafin sugi bu…
Setelah mengambil uang itu, diapun lnsung prig ke tempat clara and the genk.

Sugi: nih uangnya ra. Mna brgnya…
Clara: hahaha… bagus2. nih(menyerahkan obt ke sugi)
Sugi(langsung memakan obat itu)

Hal ini terus & terus tejadi di kehidupan sugi. Dan utuk mendapatkan uang yang banyak itu, sugi melakukan berbagai cara., yaitu mulai dari mencuri, nyopet, majak, dll. Ia tidak pernah jera telah dikjar2 polisi sampai puluhan bahkan ratusan kali. Dan suatu hari...

Sugi(mencopet dompet siti)
Siti: copet! Tolong copet!(triak2)
Yunial: (mengejar sugi tapi ga terkejar)
Siti: kmu ga papa nia?
Nia: (ngos2an). Aku gak papa, tpi copetnya...
Siti: gak papa kok. Aku dah ikhlasin tas itu. Mnurut aku, shbt itu lebih penting lg daripada uang, karna uang kan bisa dicari lagi, klo sahabat?. Lagian Untung aja kmu ga diapa-apain ma tu copet, klo kmu smpe knp2 kan aku mlh tmbah brabe lgi. Ya kan?
Yunial: hehe(tersenyum)...thanks lin. Tapi kyaknya pencopet itu sugii deh.
Elin : sugi? Ah..gak mngkin bgt lgi. Udah yuk pulang....
Yunial: sriuz. Aku ga boong. Mataku khan masih normal.
Elin : tapi itu gak mungkin bgt nia. Sugi khan orgnya baik, soleh...
Yunial: cukup lin. Aku ga boong. Aku yakin d itu sugi. Lagian u liat sndri khan dan sbulan ini sikap sugi dah brubah. Gak prnah bljr bareng. Nilainya pda turun. Sering ga msuk sklah. Dan Klakuannya jga aneh.
Elin : tapi mungkin itu cuma...
Yunial: udah deh, nnt jg kmu bkl tow sndiri. Yuk pulang....

Saat perjalanan pulang, elin & yunial melihat sugi sedang membuka dompet milik elin  tadi di pinggiran jalan yang sepi.

Elin :  sugi...!
Sugi: eh elin(mgumpetin dompet tadi)
Yunial: (mengambil dompet dari tangan sugi) ini dompet kmu kan lin?
Elin : i..iya. Sugi ! kamu knp sih? Ini bukan sifat kamu khan.?(sedih kecewa)
Sugi: oh... jadi kmu nuduh saya nyuri dompet kmu ya lin? Mang yang pnya dmpet ini cma kmu aja apa?
Yunial: iya! Elin khan bli dmpetnya di singapure. Jd ga mngkn ada yang sma. Lagian bwt apa cowok buka2 dompet cewek klo ga abiz nyopet? Dah deh, gax usah ngles lgi….
Sugi: ah… sudahlah. Gue psing dngerin omongan klian smua. Klo ga prcya ya sudah (meninggalkan elin & yunial)

Sugi ternyata pergi ke tempat clara and the genk, tapi ternyata elin dan yunial mengikutinya.

(sugi, weny, Yolanda, sedang pke narkoba)
(elin dan yunial liat dr jendela.)

yunial: kmu liat sndiri khan lin. Sugi 2 skrg a bner...
elin: iya aku tahu. Maafin aku ya tdi udah ga prcya ma kmu (tersenyum). Tapi kita gak bkal ninggalin sugi dgn keadaan kyk gni khan? Kta skrg hrus nolong dia supaya ia bisa tobat.
Yunial: tobat? Eh lin, kmu bdoh ya... dia 2 skrg dah ga bner lgi. Dan kmu msih mow berteman ma dia?(mengambil hp)
Elin: kmu mow apa nia?
Yunial: mow tlp polisi.
Elin : jngan....!
Yunial: jangan? Kmu dah gila ya lin? Mereka semua tuh lgi pda mlakukan tindakan yang ga bner lgi Pke narkoba lin..  Pikirlah ….
Elin: tapi…
Yunial: klo kmu pingin sugi jd baik lgi. Percaya ma aq. Ini jln terbaik utk dia lin.
Elin: ya udah. Terserah kmu deh
(yunial tlp polisi)
 tandri: halo. Ini dari poltabes jambi. Ada yang bisa saya bantu?
Yunial: pak polisi, disini skrg lgi ada perkumpulan yang spertinya lagi pesta narkoba. Tolong grebek mereka pak...
Tandri: oh...pasti2. bisa anda kasih tau alamatnya dgn jlas jelas ?
Yunial: ya. Tempatnya di perumahan pall merah. Jln mawar. No brpa ya?(melihat atas rumah) oh… no 25. pkoknya tmptnya msuk kdlm lgi pak.
Tandri:.(sambil nyatat) oh baik… saya akan segera kesana.

Sesampainya disana...
(sirine mobil polisi berbunyi)
Yolanda: bro…. Kykny Ada mobil polsi tuh. . .
Clra: iya... ayo kbur smua...
(semuanya pada kbur tpi akhirnya mereka tertangkap semua)
polisi pun berbicara dengan yunial dan elin
tandri: terima kasih kalian telah membantu kami dalam menangkap mereka semua. Mereka itu telah menjadi buronan kmii sebulan. Sekali lagi trima kasih.
Elin & yunial: sama2 pak.
Sugi: kalian.....(kecewa)
Elin: maafin kmi sugi. Ini yang terbaik utkmu. Maaf....(sedih)
Sugi: baik apanya lin...
Tandri: dah ayo.....(menarik sugi, clara, dan yolanda)

Sugi & clara and the genk akhirnya dimasukkan ke dalam penjara. Dan mereka mendekam disana dengan waktu yang cukup lama. Apalagi clara n the genk, mereka dihukum 10 thun penjara. Dan uang denda sbesar rp. 100 juta krena telah mengedarkan sekaligus memakai narkoba. Sedangka sugi dihukum selama 7 thun krn memakai narkoba dan sering mencuri brg.

Baiklah.... teman2. hanya ini drama singkat kami. Semoga kalian semua bisa mengambil pelajaran dari drama ini yaitu supaya kita berhati-hati dengan apa yang ada diskitar kita. Dan jgn smpai kita  terperangkap dan terjerumus pada hal-hal yang negatif. Karena sesungguhnya  perbuatan2 spt itu tidak akan membuahkan hasil melainkan kesengsaraan. Jadi, don’t try at home  . Oke.

Ass...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar