Jumat, 01 April 2011

contoh pidato mc acara ulang tahun

Assalammualaikum wr.wb

Selamat siang para tamu undangan…

Yang saya hormati Pak Darmawan dan Bu Rahma, orang tua dari teman kita, Tia yang hari ini sedang berulang tahun.
Yang saya hormati, bapak dan ibu guru SMP N 4 yang telah berkenan untuk hadir di acara ini.
Serta teman-teman yang saya sayangi dan saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. Karena atas rahmat dan hidayah-Nya lah, kita diberikan nikmat kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di rumah Tia dalam rangka merayakan ulang tahunnya yg ke-15.
Shalawat beriring salam tak lupa kami panjatkan kepada junjungan besar kita nabi Muhammad saw serta para sahabatnya hingga akhir jaman.

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kpd teman-teman yg telah bersedia meluangkan waktunya untuk hadir dan memeriahkan acara ulang tahun tia ini.

Tak lupa pula saya ucapkan berterima kasih kepada Tia dan kedua orang tuannya karena telah berkenan mengundang kita semua di acara ulang tahun ini serta telah mempercayai saya sebagai perwakilan teman-teman sekelas untuk menyampaikan sepatah dua patah kata kepada teman semua.

Teman-teman yang saya banggakan……

Seperti yg teman-teman ketahui bahwa hari ini, tepatnya pada tanggal 2 Februari 2009 salah satu teman kita yang bernama Tia Mutia berulang tahun ke-15. Maka dari itu, saya selaku perwakilan dari teman-teman mengucapkan  selamat ulang tahun kepada Tia. Semoga dengan bertambahnya usia, Tia diberikan umur yang panjang, banyak rezeki, bertambah pintar dan cantik, berbakti kepada orang tua, serta menjadi orang yang dibanggakan.

Di tahun 2009 ini, kita pasti akan mengalami pertambahan usia, ada yang di bulan Januari, Februari, Maret, atau bulan lainnya. Yang jelas,  pada hari itu, kita berharap bisa merubah diri kita untuk membentuk kepribadian baru yang lebih baik. Kepada teman-teman, saya  juga ingin berpesan bahwa bukan hanya tia yang harus merubah dirinya menjadi lebih baik lagi, tetapi kita juga. Dengan  bertambah usia kita akan menjadi dewasa, mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Maka jangan sekali kita terjerumus pada hal-hal yang negatif, seperti memakai narkoba atau pergaulan bebas. Karena itu semua dapat merusak dan menghancurkan masa depan kita selamanya. Oleh karena itu, bentengilah diri kita dengan keimanan yang kuat sehingga kita terhindar dari hal-hal negatif yang dapat menjerumuskan kita.

Teman-teman yang saya banggakan. . .

Cepat atau lambat kita harus merubah diri kita. Karena kita bukan anak kecil lagi yang dijaga dan diatur oleh orang tua, maka sudah saatnya kita berubah untuk kebaikan diri kita sendiri.
Seperti halnya Tia. Kita mendoakan dia supaya Tia bertambah pintar. Apakah Tia diam saja ? Tidak, tentu tidak. Tia harus berusaha belajar agar Tia bertambah pintar seperti yang kita harapkan. Itulah namanya perubahan.

Teman-teman tahu bagaimana terbentuknya kupu-kupu ? Ya, ada tahapannya. Dari telur, ulat, kepompong, hingga menjadi kupu-kupu yang indah. Dan kita belum menjadi kupu-kupu tersebut. Kita masih sebagai ulat yang membutuhkan suatu proses atau cara agar dapat menjadi kupu-kupu yang cantik. Dalam arti kata, menjadi orang yang berhasil dan menjadi orang yang dibanggakan. Baik orang tua, guru, teman, bahkan Negara.

Proses perubahan itu adalah potensi yang kita miliki. Saya yakin, Tuhan menciptakan kita dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, kita harus menutupi kekurangan kita dan kita gali kelebihan kita. Sehingga kita bisa mencapai cita-cita yang kita harapkan.

Teman-teman yang saya banggakan. . .

Memang sulit merubah diri kita menjadi lebih baik lagi. Namun, bila kita mencoba sedikit demi sedikit asalkan tidak monoton dan ada kemauan, pasti kita bisa merubah itu semua.

Jangan kita maknai hari ulang tahun itu dengan hanya seremonial belaka. Seperti kado-kado yang banyak, pesta yang meriah, atau mentraktir teman. Bila kita mempunyai uang lebih, mungkin bisa. Tetapi kalau tidak, apa kita harus memaksa ? Maka dari itu, kita memaknai hari ulang tahun dengan semangat baru menata masa depan kita, dengan bercermin dari masa-masa yang sudah kita jalani. sehingga kita akan lebih dewasa, bisa membentuk kepribadian yang baik, dan menjadi sosok yang dibanggakan.

Harapan saya semoga di tahun 2009 ini, kita semua menjadi orang yang berguna bagi Nusa, Bangsa, dan Negara, khususnya untuk orang tua kita sendiri. Amin…

Hanya ini yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi teman semua . Bila ada kata-kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan, karena saya sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan kehilapan

Akhir kata saya mengucapkan wassalammulaikum wr.wb

1 komentar: